Transmania Yogyakarta

Natalia Ari Chrismiyati (145314064) & Yohanes Dicky Mahendra (145314092)

  1. Sejarah

Transmania adalah sebutan bagi komunitas para penggemar Trans TV. Komunitas Transmania juga menjadi juga menjadi komunitas pertama untuk pemirsa televisi di Indonesia yang bibuat oleh stasiun televisi Nasional. Seiring berjalannya waktu, Marketing Public Relation Trans TV sebagai pencetus adanya Transmania, ingin membuat Transmania menjadi komunitas yang lebih terstruktur dan dekat dengan anak muda. Sehingga, pada tanggal 6 Desember 2011, Marketing Public Relation Trans TV yang diwakili Mas Tyo dan Mas Angga, mengadakan Recruitment Pengurus Transmania Regional Yogyakarta 2012. Acara ini diadakan di Ruang Seminar Timur Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM. Sebelum recruitment dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan seminar mengenai Public Relation dan Trans TV. Recruitment-nya sendiri, terdiri dari dua bagian, yaitu Focus Group Discussion (FGD) dan Wawancara. Para peserta terlihat antusias sekali selama acara, baik sesi seminar maupun sesi recruitment. Lalu dengan semangat yang muda, kreatif, dan mandiri, dibentuklah Duta Muda Transmania.

Jogjakarta adalah kota pertama pembentukan Duta Muda Transmania. DMTJ (Duta Muda Transmania Jogja), dari latar belakang yang berbeda, budaya, ideologi dan tentunya prestasi-prestasi yang membanggakan, dikumpulkan 20 anak muda yang berdomisili di Jogja menjadi satu team Duta Muda Transmania Jogja yang dijadikan sebagai pengurus komunitas Transmania Jogja selain itu DMTJ juga memfasilitasi anak muda yang mempunyai ide kreatif, sosial dan tentunya dari prestasi yang mereka dapatkan dapat ditularkan kesekitarnya. Selain Jogjakarta, Duta Muda Transmania pun tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Surabaya, Makassar, Semarang, dan Palembang.

Komunitas ini tidak hanya sebagai tempat berkumpul dan diskusi setiap anggota transmania, akan tetapi setiap anggota Transmania bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang kreatif dan menarikseperti misalnya public speaking yang di targetkan untuk membentuk anak muda agar mempunyai jiwa sosialisasi yang tinggi. Setiap kegiatan yang diikuti Transmania, nantinya akan dikoordinasi oleh Duta Muda Transmania di kota masing-masing.

  1. Perkembangan

Kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh komunitas Transmania adalah Jambore Transmania kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar yang diadakan oleh komunitas transmania yang melibatkan seluruh anggota transmania dari berbagai wilayah Indonesia.

Acara ini juga menjadi ajang kumpul tahunan anggota Transmania dari berbagai kota di Indonesia yang diadakan oleh pengurus komunitas Transmania bekerjasama dengan Marketing Public Relations TransTV.Jambore Transmania diadakan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan sesama anggota Transamania dari berbagai kota di Indonesia dengan pihak Trans TV dan KomunitasTransmania.

Peserta atau sasaran kegiatan ini adalah anggota Transmania yang telah mendaftarkan keikutsertaannya kepada panitia yang telah di bentuk. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Komunitas Transmania dengan cara mandiri / membayar kepada panitia dengan biaya Rp. 150.000 – Rp. 350.000,- tergantung dengan konsep kegiatan dari Jambore Transmania yangdiadakan.

Konsep dan PelaksanaanJambore Transmania dari tahun ke tahun selalu berbeda – beda berikut ini sekitas tentang gambaran acara Jambore Transmania dari tahun ke tahun.

  • Tahun 2009 , diadakan 1 minggu menjelang HUT TRANS TV dengan konsep gathering dan wisata di Puncak dan Taman Safari Cisarua Bogor, didikuti oleh 150 anggota Komunitas dari berbagai kampus dan kantor di Jakarta dan sekitarnya.
  • Tahun 2010 , diadakan 1 minggu sebelum HUT TRANS TV di dengan konsep gathering dan wisata ke Bandung. Diikuti oleh 150 anggota komunitas dari berbagai kota diIndonesia.
  • Tahun 2012, dibuat dengan konsep baru dengan menggunakan judul event “Transmania Broadcasting Camp 2012”. Suatu kegiatan community gathering yang bukan hanya mengedepankan fun / wisata namun juga nilai edukasi dan persahabatan diantara sesama anggota Komunitas Transmania dari berbagai kota besar di Indonesia. Diikuti oleh 100 peserta dan 50 panitia Transmania Jakarta. Diadakan di gedung Trans TV dan Desa Wisata Resort di Taman Mini Indonesia IndahJakarta.
  • Tahun 2013 dilakukan kegiatan Jambore Transmania yang diikuti oleh 8Kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogjakarta, Bali, Malang, dan Medan. Selain Jambore diadakan juga kegiatan workshop yaitu “Public Speaking oleh DJ Arie” dan “News Presenting oleh Budi Aditputro Trans TV” yang tentunya mempunyai banyak manfaat bagi peserta Jambore Transmania tahun ini. Kegiatan ini dilakukan di ZeroKMResort. Selain itu peserta Jambore Nasional di undang ke Sentul International Convention Center, untuk melihat preparation dan rehearsal dari HUT Transmedia 2013.
  • Tahun 2014, dilakukan di Jakarta – Bandung pada tanggal 20 – 21 Desember 2014. Jambore Transmania kali ini mengadakan seminar denga judul “Creative Ideals for Outstanding Event” dan workshop Digital Journalism by CNN Indonesia.com

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalahadalah terciptanya jaringan persahabatan diantara pemirsa muda Trans TV dari berbagai kota di Indonesia sehingga brand Trans TV akan selalu di hati pemirsasetianya.

Selain Jambore Transmania, komunitas transmania jogja juga mengadakan pertemuan setiap tengah bulan (minggu ke kedua) pada hari rabu malam untuk mengakrabkan setiap anggota satu sama lain.

Setelah mengikuti kegiatan Jambore Transmania para peserta diharapkan untuk memiliki pengalaman yang lain dari setiap tahunnya, dan dapat mengambil hal – hal positif yang diberikan selama kegiatan berlangsung.

Selain kegiatan Internal diatas, Transmania Jogja juga mempunyai kegiatan eksternal diantaranya Crew OFF-AIR Trans TV dan Crew ON-AIR Trans TV.

Crew OFF-AIR Trans TV adalah kegiatan volunteer untuk mensupport crew Trans TV dalam sebuah kegiatan off-air yang dilaksanakan oleh TransTV. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan dan pengalaman baru kepada anggota Transmania tentang proses pembuatan kegiatan off-air yang dilaksanakan oleh TransTV. kegiatan ini mengusung konsep dengan melibatkan secara langsung anggota Transmania terpilih kedalam kegiatan off-air seperti audisi Indonesia Mencari Bakat, Suara Indonesia, Big Brother Indonesia, open recruitment Job Vaganza, Trans Anak, Kebangkitan Nasional maupun kegiatan charity seperti bencana alam, donor darah, khitanan missal, bazaar Ramadhan.Sebagai contoh misalnya audisi Indonesia Mencari Bakat, Komunitas Transmania jogja diberikan kesempatan emas untuk bergabung menjadi tim audisi IMB di kota Jogja yang tidak datang tiap tahunnya. Hal ini membuat Transmania Jogja menyambut dengan sangat antusias.

Sebulan sebelum audisi Indonesia Mencari Bakat diadakan Transmania Jogja sudah di sibukkan dengan berbagai persiapan. Mulai dari kedatangan tim IMB dan PR Trans Tv untuk melakukan survey persiapan audisi di kota Jogja, survey dialakuakan dari gedung, perizinvan reklame, dan media partner. Kita di beri berkesempatan untuk ikut menemani tim. Sangat seru seperti ikut on air di radio Geronimo fm dan Jizz fm, hal ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi komunitas Transmania Jogja untuk bisa terjun langsung ke dalam sebuah acara yang berskala nasional. Sepulang tim IMB di kota Jogja kami tetap intens melakukan komunikasi via online dengan tim Jakarta. Masih tentang persiapan untuk audisi IMB.

Kesibukan 20an anak Transmania Jogja yang masih kuliah tidak terelakkan, harus bisa membagi waktu antara tugas kuliah dan komunitas transmania. Tapi semangat untuk menyambut Audisi Indonesia Mencari Bakat Kota Yogyakarta tidak bisa di pendam.

Crew OFF-AIR Trans TV diadakan apabila Trans TV mengadakan kegiatan off-air, baik di Jakarta maupun diluar kota. Melibatkan lebih kurang 30 – 150 anggota Transmania dalam setiap eventnya.Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Crew OFF-AIR Trans TVadalah memberika pengalaman dan wawasan baru kepada anggota Transmania tentang proses pembuatan event off-air yang diadakan oleh TransTV.

Crew ON-AIR Trans TV adalah kegiatan volunteer untuk mensupport crew Trans TV dalam proses produksi suatu program acara televisi nasional. Tujuannya adalah memberikan wawasan dan pengalaman kepada anggota Transmania tentang proses pembuatan suatu program acara di Trans TV, khususnya yang disiarkan secara LIVE.

Konsep kegiatan, hampir sama seperti mahasiswa magang di Trans TV namun bedanya volunteer ini hanya bertugas saat hari H, misalnya ada yang bertugas menjadi asisten kreatif, liaison officer artis, asisten PA hingga asisten floor director maupun Ticketing. Dari kegiatan semacam ini mereka akan terjun secara langsung dalam proses produksi program di Trans TV secara nyata.

Diadakan pada saat produksi program Indonesia Mencari Bakat 1, Indonesia Mencari Bakat 2, Suara Indonesia dan HUT Insert. Dari tahun 2010 hingga sekarang.

Pesertanya adalah anggota Transmania yang lolos seleksi untuk menjadi crew off-air Trans TV. Setiap kegiatan on-air, Trans TV melibatkan 20 – 60 anggota Transmania untuk terlibat aktif membantu tugas tim produksi Trans TV

Tujuan yang ingin dicapai adalah memberika gambaran dan pengalaman baru kepada anggota Transamania tentang proses produksi suatu program televisi yang biasanya hanya bisa mereka lihat dan nikmati dari layar televisi dirumah.

Sambutan awal masyarakat jogja tentang komunitas transmania ini cukup antusias hal ini bisa terlihat ketika proses Recruitment Pengurus Transmania Regional Yogyakarta yang memiliki banyak peminat. Organisasi kepengurusan panitia Transmania Jogja memiliki masa bakti selama satu tahun yang kemudian akan di regenerasikan kepada generasi yang selanjutnya. Kegiatan yang diadakan juga semakin variatif dari waku ke waktu. Selain hal itu, masyarakat umun yang bukan merupakan komunitas Transmania Jogja juga ikut membantu dan turut andil dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Transmania Jogja.

  1. Prestasi

Komunitas Transmania jogja juga pernah mendapatkan predikat sebagai Transmania Tersolid se – Indonesia dalam acara Jambore Transmania. Selain hal itu, komunitas Transmania juga pernah melakukan kolaborasi dengan PERHUMAS Muda Yogyakarta dan Swaragama Training Center mengadakan Public Relations Class dengan tema “Mengenal Lebih Dekat PR Hotel dan Komunitas PR”. Sebuah komunitas tentu tidak boleh dipandang sebelah mata. Komunitas juga memiliki peranan penting dalam menunjang eksistensi dan citra dari perusahaan. Hubungan antara perusahaan dan komunitasnya dapat terjalin jika fungsi Public Relations di perusahaan tersebut dapat terlaksana dengan baik.Hal inilah yang mendasari, Transmania Jogja dan Swaragama Training Center untuk mengadakan Public Relations Class. Dengan menggandeng PERHUMAS Muda Yogyakarta dan Hyatt Regency Jogja untuk menjadi narasumber dalam acara tersebut. Public Relations Class diadakan pada Sabtu, 30 Mei 2015 dari pukul 13.00 wib hingga 15.00 wib. Sebanyak 70 peserta hadir memadati Graparti Telkomsel lantai 4, yang beralamat  di Jalan Jendral Sudirman nomor 60 ini.Sebagai perwakilan dari PERHUMAS Muda Yogyakarta, Fitria Ananta Respati atau yang lebih akrab disapa Thya ini menyampaikan materi mengenai “how to engage with others?”. Ia memaparkan 9 hal yang dilakukan oleh PMY dalam aktivitasnya yang mengacu pada ilmu-ilmu esensial PR antara lain digital media campaigns, strategy PR, PR  writing skills, dan lain sebagainya. Disini ia juga memberikan tips “personal approaching” kepada audiens karena tidak dapat dipungkiri seorang public relations selalu berhubungan dengan orang lain dari berbagai macam kalangan.

Narasumber kedua Indra Abhimanyu, Public Relations Hyatt Regency Hotel memberikan materi mengenai sinergi PR, media dan komunitas. Indra menceritakan pengalamannya selama menjadi PR terutama PR di bidang perhotelan. Meskipun bukan berasal dari ilmu komunikasi apalagi public relations, menurutnya ketika kita memasuki dunia kerja kita akan belajar ilmu baru dan kita akan memulainya dari nol. Terbukti saat ini, ia dipercaya menjadi seorang praktisi PR salah satu hotel bintang 5 di Yogyakarta ini.

Di Yogyakarta komunitas ke-PR-an yang sesuai dengan tagline Hyatt Regency Hotel, muda, kreatif dan mandiri yaitu PMY. Kiprah PMY di Jogja juga luar biasa yang mempunyai in circle tidak hanya lingkup lokal tapi juga nasional,” tutur Bima Rizky, ketua Transmania Jogja saat ditanya mengenai pemilihan PMY sebagai narasumber dalam acara tersebut.

  1. Tantangan

Komunitas merupakan wadah/sarana bagi suatu kelompok yang minimal mempunyai suatu kesamaan visi dan misi. Satu hal penting yang sangat diperlukan oleh sebuah organisasi untuk mempertahankan keberadaannya adalah loyalitas dan kebersamaan dari anggotanya. Loyalitas erat kaitannya dengan kesetiaan. Seorang anggota yang memiliki loyalitas terhadap organisasinya memiliki kesadaran pribadi untuk memanfaatkan semua potensi yang ada dalam dirinya demi kemajuan komunitasnya. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi komunitas transmania jogja untuk tetap mempertahankan ke – eksistensianya. Selain loyalitas komitmen organisasi tidak kalah pentingnya. Komitmen dapat diartikan sebuah ikatan emosional yang meliputi keterlibatan dalam suatu komunitas dan mempunyai keinginan untuk menggunakan upaya yang tinggi demi mencapai tujuan komunitas. Komitmen komunitas dapat tumbuh manakala harapan kerja terpenuhi oleh komunitas, dengan adanya harapan kerja yang terpenuhi maka akan timbul kepuasan kerja, sehingga komitmen dapat berpengaruh positif terhadap kepuasan                 kerja anggota. Komitmen terhadap komunitas artinya lebih dari sekedar loyalitas atau ketaatan keanggotaan biasa dan pasif, karena meliputi sikap menyukai komunitas dan kesediaan untuk mengusahakan pada tingkat daya upaya yang tinggi bagi kepentingan komunitas demi pencapaian tujuan. Para pengurus komunitas transmania jogja yang sebagian besar merupakan mahasiswa semester atas, maka mereka harus bisa membagi wakt antara komunitas Transmania dan tugas kuliah yang tentunya tidak sedikit. Hal inilah yang menjadi tantangan yang besar bagi Komunitas Transmania jogja. Untuk mensiasati hal tersebut maka dalam proses pe – recruitment panitia baru, dipilih dengan cara yang selective.

D:\Mahendra JR.Doc\Data\picture\1442729527087.jpg Foto bersama ketua dan pengurus Transmania Yogyakarta

D:\Mahendra JR.Doc\Data\picture\1442729524600.jpg

D:\Mahendra JR.Doc\Data\picture\1442729534760.jpg

dickymahendrajr@gmail.com'

About dickymahendra