Senyum Community

  • Apa Itu “Senyum Community”?

 “Senyum Community” merupakan aksi yang bergerak dibidang sosial yang berfokus pada pendidikan dan pemberdayaan kaum muda yang tergerak hatinya untuk membantu orang lain yang kesusahan. Komunitas ini terdiri dari kaum muda yang berinisiatif untuk berkontribusi dalam proses perubahan ke arah yang lebih baik, khususnya perbaikan kualitas pendidikan anak, terutama bagi mereka yang kurang beruntung (yatim/dhuafa). Melalui program-program SC, kaum pemuda yang terlibat di dalamnya dilatih untuk mandiri agar mampu memberikan manfaat bagi lingkungan di sekitar. Hingga saat ini SC tengah mendampingi lebih dari 20 Panti Asuhan di DIY dan sekitarnya dan telah melayani lebih dari 1000 anak yatim/dhuafa. Pendampingan yang SC berikan ditujukan untuk meningkatkan kualitas para anak asuhan SC agar dapat memperbaiki kualitas hidup mereka secara mandiri di kemudian hari.

 

Mengapa Diberi Nama “Senyum”?

Senyum yang tulus dapat mengubah dunia. Kita dapat melakukan perubahan ataupun melakukan hal baik bagi orang lain cukup dengan senyuman. Dengan senyuman itulah kita berharap bisa membuat dunia tersenyum. Selain itu, senyuman adalah wujud kebaikan (memberi) yang sangat mudah dan paling mungkin untuk dilakukan. Senyuman juga berprinsip win-win solution, baik untuk yang diberi, baik pula untuk yang tersenyum.

  Apa Tujuan “Senyum community”?

“Senyum Community” bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kemandirian pemuda. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan pemuda.

Apa Saja yang Kami Lakukan?

Berbagai program telah kita laksanakan, beberapa programnya adalah SEHATI (Senyum Sahabat Sejati), SeMANGAT (Senyum Mengajar Anak Yatim), SETIA (Senyum Talenta Indonesia), Wisata Bisni, Senyum Youth Camp, Senyum Ceria Ramadhan dll

Siapa Saja yang Terlibat dalam Program Tersebut?

Dalam pelaksanaannya progam ini melibatkan berbagai pihak, yaitu:

1.      Target Progam: anak-anak Yatim dan Dhuafa yang tinggal di Panti Asuhan. Bagi kami, mereka mempunyai peran penting dalam progam perubahan ini. Hal ini dimulai dengan pandangan kami bahwa mereka bukan objek tapi subjek dari progam ini. Setiap pengembangan program mereka selalu dilibatkan sehingga kami bisa memberikan sesuatu sesuai kebutuhan dan memberikan manfaat yang maksimal.

 

2.      Donatur & Sponsor: program ini memfasilitasi para donatur untuk menyalurkan donasinya sesuai kebutuhan serta mampu memaksimalkan potensi. Selain itu, program ini dapat membantu perusahaan/organisasi bisnis untuk terlibat dan mendukung kami melalui program CSR sehingga memberikan dampak positif bagi perusahaan tersebut. Tentunya dukungan dari donatur dan sponsor ini sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan program serta memaksimalkan potensi yang ada.

 

3.      Pejuang Senyum (relawan): program ini mengajak anak-anak muda untuk terlibat dalam setiap program. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk terlibat dalam upaya pengembangan kewirausahan sekaligus memberikan pengalaman nyata bagi mereka dalam proses pembangunan. Selain itu keterlibatan dalam program ini akan meningkatkan kepedulian bagi generasi muda sehingga mampu menciptakan generasi yang mempunyai empati sosial.

 

4.      Senyum Community sebagai fasilitator program yang berfungsi memfasilitasi berbagai pihak terkait untuk mencapai tujuan-tujuan yang bersifat sosial. Kami menjadikan diri kami sebagai penghubung antara mereka yang membutuhkan bantuan dengan mereka yang dapat memberikan bantuan.

 

  1. SEJARAH

Akhir tahun 2008, seorang Dwi Wahyu Arif N ingin memberikan nilai tambah ke dalam kehidupan. Dengan berbekal keinginannya tersebut ia bergerak dengan mencoba membentuk sebuah tim yang kiranya dapat membantu mewujudkan impiannya. Dikarenakan tidak semua teman yang ia ajak menyetujui gagasannya tersebut, Arif pun terpaksa melakukan metode gerilya dimana hanya satu atau dua orang saja yang ia ajak untuk melakukan brainstorming yang dilanjutkan dengan penyatuan ide.

 

Perjuangan gerilya inipun membuahkan hasil. Sebuah organisasi sosial akhirnya dibentuk oleh Arif bersama beberapa temannya. Pada tahap ini fokus kegiatan, jenis kegiatan, sasaran kegiatan bahkan nama organisasi masih belum diputuskan. Hingga seorang Yudha Rusdianto memberikan nama “Senyum” pada organisasi ini sehingga mulai 4 Januari 2009 Senyum Community (SC) mulai dipopulerkan oleh organisasi ini. Tidak hanya nama, Senyum Community juga membutuhkan sebuah konsep yang nantinya akan menjadi tulang punggung organisasi ini. Nafis Mudrika pun hadir dengan menawarkan sebuah konsep sederhana yang hingga kini menjadi pedoman bagi Senyum Community.

 

Pertemuan pertama sebagai Senyum Community diadakan pada 22 Januari 2009. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh anggota Senyum Community yang saat itu hanya terdiri dari 7 orang pemuda yang dikenal sebagai tonggak awal berdirinya Senyum Community. Meskipun pertemuan ini hanya diselenggarakan di sebuah kos sederhana, dari pertemuan pertama inilah diputuskan berbagai hal mendasar yang menjadikan Senyum Community seperti sekarang ini. Dari pertemuan ini pula diputuskan bahwa Senyum Community merupakan sebuah organisasi sosial yang berfokus pada pendidikan dan pemberdayaan pemuda Indonesia.

Namun setelah itu perjalan tidak semulus yang diperkirakan, baru pada tanggal 13 Februari 2009 ada ide dari Danang AM S.Psi untuk mengadakan training. Pelaksanaan Pelatihan Psikologi (Pengembangan karakter) GRATIS di SMP 2 Ngaglik (28 Februari 2009).

Pelatihan tersebut membuat arah SC semakin jelas dan munculah ide untuk melakasankan Musyawarah Anggota yang pertama. Musyawarah ini diadakan pada 26 Maret 2009 bertempat di garasi rumah Danang dan dipimpin oleh Rusdi. Berdasar hasil musyarawah ini diputuskan visi, misi, dan nilai Senyum serta penetapan tim inti (founding father) yang berjumlah 8 orang yang dilengkapi dengan struktur dan rencana kerja. Mulai dari titik inilah Senyum Community semakin mantap menempatkan diri mereka di dalam masyarakat untuk membawa perubahan yang lebih baik.

Perjalanan Senyum Community pun terus berlanjut. Pengadaan forum, bazaar, open housetraining dan kegiatan lainnya mulai dilakukan secara kontinyu hingga sekarang. Program-program yang bersifat edukatif dan menyenangkan terus digiatkan dan dikembangkan oleh Senyum Community untuk membuktikan eksistensi dan konsistensi Senyum Community dalam mewujudkan visi misi yang telah dirancang bersama-sama demi terciptanya generasi muda Indonesia yang lebih baik.

 

  1. AGENDA SENYUM COMMUNITY 2015

Agenda Rutin :

Jadwal belajar bersama di Rumah SeMANGAT (Senyum Mengajar anak yatim)

  1. Tiap Selasa dan jumat Malam | SeMANGAT Belajar di Rumah Senyum | Cp Zulfa (089672326260)
  2. Tiap Selasa & Kamis jam 20.00, minggu jam 09.09 | SeMANGAT Belajar di PA Putri Islam Jl Pramuka | Cp : Adi Suyanto (089688828823)
  3. Tiap Rabu & Jumat jam 19.19 | SeMANGAT Belajar di Rumah SEHATI lempuyangan| Cp : Aziz (085743292846)
  4. Tiap Minggu Pagi/siang | Belajar Bersama | SeMANGAT belajar di PA KP Melayu Jakarta | @senyumkitaJkt  | cp  : @nadhnadira

 C.     CARA BERGABUNG

 

  1. MenjadiPejuang Senyum, Bergabunglah sebagai Pejuang Senyum (Relawan), dengan mengirimkan data diri (Dengan Subjek Pejuang Senyum) kirim ke email hrd@senyumkita.com dan bergabung di group FB Senyum Community serta dukung fans page FB senyumkita.com dengan meng-klik “like”/ “suka”

 

  1. Menjadi Duta Sejuta Senyuman(Senyum Ambassador), program bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk terlibat secara aktif dalam program-program sosial Senyum Community (SC). Caranya
  • Mengisi form yang dilampiri fotokopi/scan kartu identitas dan mengirimkannya melalui email ke hrd@senyumkita.comatau datang langsung ke Rumah Senyum (bisa juga melalui Senyum Ambassador yang sudah terdaftar).
  • Bersedia memenuhi kewajiban sebagai Duta Senyum dan mendapatkan haknya.

 

 

  1. KESIMPULAN

 

Jadi komunitas ini adalah komunitas yang bergerak di bidang social, dimana mereka lebih mengarahkan kepeduliannya kepada anak – anak yang kurang mampu atau anak yatim piatu yang kurang mampu dan mereka bimbing sebagai anak asuh dari komunitas ini yang nantinya diharapkan mereka bisa lebih bisa meraih impian mereka.

 

Kepedulian mereka lebih ditunjukkan untuk membantu anak – anak asuh mereka dengan memberikan bimbingan dengan cara mengajarkan pendidikan kepada mereka, mengasuh mereka, dan juga memberikan bantuan yang mendukung pendidikan maupun sarana dan prasarana kehidupan sehari – hari mereka.

 

Tidak hanya melakukan pembelajaran pendidikan di yayasan – yayasan saja ataupun di panti asuhan, tapi “Senyum Community” juga mengajak anak – anak asuh dari komunitas ini untuk melihat dunia luar atau pembelajaran diluar namun yang masih ada hubungannya dengan pendidikan. Dengan maksud agar anak – anak asuh mereka tidak bosan dengan ajaran yang mereka ajarkan.

sastrosukamiskin@yahoo.com'

About Mbah Sastro