Komunitas Info Cegatan Jogja

Wahyuning Ndaru Tejo Kusumo (145314083) dan Jefry Septriajaya (145314084)

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT6dZYMJNDw9DY8ecU3W1H9N8901VXwth8H6Ya03ukfslsUOE2o1A

Visi dan Misi ICJ :

Karena kami memang bukan berasal dari orang orang pintar dan berpendidikan. Kami hanyalah segerombol anak bangsa yang prihatin dengan situasi kondisi dan keadaan lingkungan kala itu. Seiring berjalannya waktu kami mencoba untuk belajar, memahami pentingnya arah dan tujuan sebuah komunitas sekalipun hanya komunitas kecil di dunia maya. Kami memang masih tertinggal jauh di bandingkan dengan sebuah organisasi atau apapun itu yang dari awal di bentuk sudah memiliki tujuan yang jelas, kami hanya ingin memfasilitasi, mengumpulkan, menampung aspirasi dari banyak kalangan yang ada di dunia nyata. Tentunya sebuah fasilitas yang di pergunakan oleh banyak orang tidak akan pernah lepas dari masalah. Kalau boleh di simpulkan VISI kami adalah “KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA” Ya sila ke 5 PANCASILA, saya rasa tidak berlebihan, karena ada 5 sila dan kami hanya ingin ikut andil memperjuangkan sila terakhir saja. MISI kami adalah “JANGAN ADA DAMAI DI ANTARA KITA, KARENA DAMAI ITU 50.000″ Kami sadar betul kami hanyalah sekerumun orang yang mungkin masih di pandang sebelah mata oleh orang orang pintar diluar sana, Terkadang kami masih menjadi cacian, makian, karena keterbatasan kami. Tapi ingatlah, kami adalah bagian dari Bangsa Indonesia. Kemampuan, keadaan, tingkat kesadaran setiap orang berbeda beda,namun jangan jadikan itu sebagai sebuah perpecahan. Tetap Salam Aspal Nggronjal. Begitulah salam yang digunakan antar member ICJ jika bertemu di jalan.

Sejarah berdiri Komunitas ICJ :

Komunitas Info Cegatan Jogja atau biasa disingkat ICJ adalah komunitas pengendara sepeda motor dari Yogyakarta dan sekitarnya yang awalnya terbentuk dari sebuah grup sosial media yaitu Facebook. Grup ini didirikan pada September 2013 – hingga sekarang telah memiliki member di Facebook sebanyak 180 ribu orang. Angka yang cukup banyak untuk sebuah komunitas yang baru berumur 2 tahun. Tetapi sebenarnya awal terbentuknya Komunitas ini berawal dari kaskus, forum jual-beli tetapi sering membahas yang tidak berkaitan dengan jual-beli. Sering di omelin orang-orang di forum itu karena “kamu tu ngapain to kok bahas sesuatu yang tidak berkaitan dengan jual-beli”. Akhirnya komunitas ini membentuk suatu grup di Facebook dan yang mengeksekusinya adalah Mas Antok. Pada awalnya memang sudah kenal, tetapi dengan sering di adakan kopdar di setiap wilayah di sekitar Jogja maka yang tidak mengenal jadi tahu dan saling mengenal.

Keorganisasian Komunitas ICJ :

Struktur organisasi terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua, Sekretaris tidak ada bendahara karena komunitas ini tidak mengurusi keuangan. Masalah keuangan di pegang bersama-sama dan di kelola bersama-sama atau kata orang istilahnya “non-provit”. Dan membawahi korwil-korwil di setiap daerah. Di sleman sendiri terdapat 3.

Tujuan didirikan nya komunitas ICJ :

Berawal dari mulai luntur nya rasa kepedulian khusus nya di Jogja akibat dari kemajuan teknologi. Sehingga mereka pun berpikir bagaimana dengan kemajuan teknologi ini dapat mengembalikan rasa kepedulian tersebut. Selain itu juga untuk memberi wadah atau sarana untuk saling mengenal kembali antara kelompok yang satu terhadap kelompok yang lainnya yang sebelumnya terpecah. Kemudian berkembang menjadi komunitas saling tukar informasi adanya operasi / cegatan / razia lalu lintas di sekitar Jogja. Komunitas ICJ ini tidak hanya membahas mengenai lalu lintas saja tetapi juga membahas mengenai birokrasi dan sosial. Contoh kegiatan sosial yang dilakukan adalah bakti sosial. Kegiatan sosial yang dilakukan seperti, membantu kegiatan lain yang sedang berjalan. Misalnya bedah rumah, donor darah, santunan seperti saat tanah longsor dari banjarnegara, pendampingan pasien, dan lain-lain.

Prestasi komunitas ICJ :

Prestasi dalam lingkup komunitas sendiri yaitu mengadakan bakti sosial, mengangkat isu-isu terlupakan dengan tujuan menggugah rasa peduli sesama untuk saling membantu.

Tantangan komunitas ICJ :

Hambatan yang dihadapi sebenarnya hampir tidak ada, tetapi ada beberapa masalah yang dihadapi adalah adanya seseorang/kelompok tertentu yang merasa iri, bertujuan untuk memecah belah menyebabkan munculnya ketidakpercayaan terhadap informasi yang disampaikan.

jefryseptriajaya28@gmail.com'

About Jefry Septriajaya