Komunitas Akber Jogja

Ditulis oleh

Sodipta Badia Banurea ( 135114045)

Yohanes Joko Handoyo (135114030)

(kurang lebih 500 kata)

        Akber (Akademi berbagi) Jogja merupakan salah satu dari ratusan bahkan ribuan komunitas yang terdapat di kota Jogja, salah satu pusat kota pelajar bagi para anak muda-mudi seantero negeri Indonesia yang berasal dari ujung Sabang sampai Merauke. Akber Jogja bukanlah tempat kita menyalurkan sumbangan barang bekas pakai, makanan, minuman, ataupun uang dalam bentuk apapun untuk korban pengungsi atau orang-orang yang sedang membutuhkan semua hal itu. Bukan, Akber Jogja merupakan komunitas yang mengadakan kelas rutin membahas berbagai hal yang penting dan bermanfaat yang belum tentu kita dapatkan informasi-nya di internet, buku, jurnal, ataupun sumber-sumber lainnya karena ilmu yang di bagikan di Akber jogja adalah ilmu yang didapatkan berdasarkan pengalaman bertahun-tahun oleh akademisi, pengusaha industri kreatif, sampai praktisi suatu keilmuan tertentu tapi ilmu yang dibagikan itu diberikan secara gratis oleh sang ahlinya langsung. Komunitas Akber percaya bahwa tradisi berbagi ilmu adalah baik, dan harus dijaga.

        Akber Jogja merupakan salah satu cabang komunitas dari Akademi Berbagi (Akber) yang berpusat di Jakarta yang didirikan pada bulan juli tahun 2010. Cabang-cabang lain dari Akber selain Akber Jogja yaitu Akber Solo, Akber Semarang, Akber Surabaya, Akber Malang, Akber Balikpapan, Akber Makasar, Akber Ambon, Akber Ende, Akber Madura, dan masih banyak lagi dan juga diharapkan masih akan berkembang dan menjamur di seluruh Indonesia agar semua rakyat Indonesia dimanapun mereka berada dapat mendapat akses tentang ilmu-ilmu bermanfaat yang tidak hanya didapat di dunia maya ataupun sebagainya karena Komunitas Akber percaya bahwa tradisi berbagi ilmu adalah baik, dan harus dijaga.

        Sifat kegiatan Akademi Berbagi seluruhnya gratis, sehingga siapa saja bebas bergabung tanpa dipungut biaya apapun. Akber berprinsip bahwa ilmu adalah benda yang gratis. Sehingga kelas-kelas yang diadakan tidak berbayar, meski guru (pembicara) adalah praktisi/profesional. Tempat juga disediakan gratis oleh sponsor seperti Telkomsel Loop Jogja misalnya. Kegiatan Akademi Berbagi Jogja adalah berbagi ilmu dan pengalaman oleh orang-orang yang ahli dibidangnya. Bentuk acaranya santai, berupa kelas-kelas dengan durasi pertemuan yang pendek-pendek biasanya satu sesi pertemuan pengajaran berlangsung selama 2 jam dengan durasi berbagi ilmu 90 menit dan 30 menit-nya lagi dipakai untuk sesi bertanya bagi siapapun yang mau bertanya. Topik pengajarannya pun bermacam-macam, contohnya Media Sosial, Periklanan, Jurnalistik, Public Speaking, Hubungan Masyarakat, Keuangan, Manajemen, Kewirausahaan, Industri Kreatif, Musik, Fotografi, TOEFL dan IELTS danmasih banyak lagi

        Pada awalnya Akber didirikan oleh Ainun Chomsun, sang Founder Akber dengan tujuan untuk bisa menginisiasi gerakan yang sangat positif dengan tujuan yang juga mulia yakni memperpendek jarak antara profesional dan orang yang ingin belajar secara gratis, sebuah skema yang baik tentang pendidikan dimasa ini. Sedangkan Struktur Akber jogja sendiri hanya terdiri dari 2 basis yan paling mendasar yaitu relawan dan kelas( kelas disini yang dimaksudkan para Praktisi maupun Profesional yang mau berbagi ilmunya di Akber Jogja secara gratis dan para sponsor yang memberikan dukungan berupa fasilitas tempat mengajar ataupun hal-hal yang berkaitan dengan itu). Para relawan Akber adalah orang-orang yang paham banget bagaimana memanfaatkan sosial media. Mereka sering berkomunikasi melalui twitter.

        Akun resmi Akademi Berbagi Jogja adalah @Akberjogja. Untuk melihat-lihat dulu, kita dapat mengecek review materi kelas-kelas akber di akberjogja.tumblr.com. Bilamana mau kenalan dengan pegiatnya, silakan colek melalui twitter @atristya, @bangejaak, @rubikomugglo, @ree_za, @cintroll, @SeniSanaSini, @enimeniee, dan @ondemandee.

sodiptabadiabanurea@gmail.com'

About Sodipta