Forum Komik Jogja, Pemersatu Komikus-komikus Jogja

Oleh

Theo Augusta Soesanto 144214061 & Marcelius Tomy Paskalis 144214089

Teman-teman komikus di Jogja itu banyak, tapi ternyata mereka gak saling kenal, tidak saling terhubung, dan dulu event di jogja itu jarang” . Itulah kata-kata dari Bagus Wahyu Ramadhan, yang merupakan founder atau pendiri Komunitas FKJ (Forum Komik Jogja). Forum Komik jogja sendiri merupakan wadah kepada teman-teman komikus di Jogja agar bisa saling berkumpul.

Bagus Wahyu Ramadhan merupakan seorang yang menyukai bidang komik Indonesia, dia memiliki cita-cita bahwa komik Indonesia kelak dapat kembali berkuasa di tanah air nya sendiri. Kami berencana untuk bertemu dan melaksanakan proses wawancara pada hari kamis, 26 maret 2015, di sebuah tempat makan yang bernama Kentucki Fried Chicken, dan kemudian kami bertemu di sana pada pukul 19.00 WIB. Setelah bertemu dengan mas Bagus, kami pada awalnya berkenalan dan berbincang-bincang terlebih dahulu, dan kemudian melanjutkannya dengan proses wawancara.

Mengenai dunia Komik Indonesia

Industri perkomikan di Indonesia memang belum baik, tetapi saat ini, sudah mulai Nampak bahwa industry kreatif khususnya pada bidang perkomikan mulai naik kepermukaan dan menampakkan taringnya. Dunia perkomikan Indonesia yang sempat berjaya antara tahun 70-an hingga awal tahun 90-an mulai memudar dan kemudian bangkit lagi sekarang. Pada masa jayanya dulu, komik-komik di Indonesia terpengaruh oleh komik-komik yang berasal dari Amerika, khususnya komik-komik Marvel (Spider-man, Captain Amerika dan X-man) dan komik-komik DC (Superman, Batman dan the Flash). Pada era tersebut, komik-komik Indonesia cenderung mengarah pada komik-komik pahlawan super, komik-komik Indonesia yang terkenal hingga sekarang seperti Gundala putra petir, Godam, dan si Buta dari goa hantu.

Kemunduran dunia komik Indonesia mulai dirasakan saat komik-komik dari luar, khususnya komik-komik Jepang mulai masuk ke Indonesia. Komik-komik Jepang pada umumnya memiliki cerita yang lebih bervariasi dan beragam, murah serta mudah dimengerti oleh masyarakat-masyarakat Indonesia dibandingkan dengan komik-komik Indonesia yang pada saat itu cenderung monoton ke arah komik pahlawan super. ‘Invasi’ dari komik luar yang semakin besar menyebabkan komik-komik Indonesia kalah dan akhirnya mati suri di negaranya sendiri.

Beberapa tahun terakhir, dunia perkomikan Indonesia mulai bangkit dari mati surinya, dimana komikus-komikus Indonesia mulai bangkit dan ‘melawan’ komik-komik luar yang menguasai Indonesia pada saat ini. Mulai muncul nama-nama yang menjadi pendobrak, inspirasi dan motivator untuk membangkitkan dan memajukan lagi dunia perkomikan di Indonesia, seperti Sweta Kartika (Nusantaranger, Grey & Jingga dan Dream Catcher), Faza Meonk (Si Juki) serta Kharisma Jati (17+). Banyak dari komikus-komikus ini yang berasal dari Jogjakarta, hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Bagus Wahyu Ramadhan, seorang yang menyukai komik dan komikus asal Jogja membuat sebuah kelompok dengan nama forum komik Jogja. Berniat mempesatukan komikus-komikus di Jogja dalam sebuah forum, mas Bagus akhirnya memutuskan membuat sebuah grup di media social facebook, tetapi akhirnya forum komik Jogja menjadi banyak anggota dan peminat, pada akhirnya forum ini menjadi komunitas yang besar di Jogja.

Latar Belakang dan Sejarah berdirinya Forum Komik Jogja

Pada awal terbentuknya Forum Komik Jogja, Kondisi Jogja pada saat itu adalah jogja memiliki banyak komikus–komikus hebat, contohnya Kharisma Jati, Kurnia Harta winata, Aloysius Alfa, Muhammad Fathanatul Haq dan masih banyak lagi. Mereka merupakan Komikus terkenal,tetapi mereka tidak kenal satu sama lain. Disini Forum komik Jogja berperan sebagai wadah untuk berbagi satu sama lain khususnya para komikus. Forum Komik Jogja pada awalnya hanya merupakan wacana dari sang pendiri atau founder mereka yaitu Bagus Wahyu Ramadhan , atau sering dipanggil mas Bagus. Prosesnya, pada tahun 2012, terdapat acara pameran komputer yang digelar di Jogja Expo Center, lalu dari panitia pelaksana acara tersebut meminta teman–teman dari komikus di Jogja untuk mengisi sebuah stand, stand tentang komik di acara pameran tersebut. Setelah itu, mas Bagus meminta saran dari beberapa komikus yang berada di Jogja. Di acara pameran komputer inilah Forum Komik Jogja berdiri. Pada awalnya Forum Komik Jogja berbentuk grup di FB (Facebook), yang berawal dari keinginan mas Bagus untuk menyatukan dan membuat komikus dan para pembaca komik di Jogja untuk bersama-sama dan mengenal satu sama lainnya. Karena pada awalnya komunitas ini hanya merupakan wacana dari mas Bagus yang bahkan tidak merencanakan bahwa forum komik Jogja akan menjadi komunitas yang besar, jadi komunitas ini hanya bernama forum komik Jogja saja, karena pada awalnya komunitas ini hanya ingin dijadikan forum, tapi karena peminat yang banyak dibidang komik di Jogja, sekarang komunitas ini menjadi besar.

Komunitas forum komik Jogja tidak mengikat anggotanya, jadi disini komunitas ini membebaskan anggotanya untuk menggunakan atau tidak nama komunitas mereka. Komunitas forum komik Jogja mengutamakan keberhasilan anggotanya, solidaritas antar anggota sangat Nampak di dalam komunitas ini dimana setiap anggotanya selalu ingin menolong anggota lain khususnya yang masih baru didalam dunia perkomikan tanpa menginginkan imbalan sama sekali. Komunitas forum komik Jogja sendiri tidak memiliki tempat khusus, jadi mereka biasanya berkumpul atau gathering di kantor ngomik, kantor ngomik adalah sebuah tempat untuk pengurusan sebuah web yang bernama ngomik.com, dimana web ini berfungsi sebagai wadah penampung hasil karya komik-komik anak bangsa. Di kantor inilah biasanya acara-acara atau gathering komunitas forum komik Jogja dilaksanakan.

D:\Words\1. Works\Kuliah\Semester 2\PKN\FKJ\1483304_785684591449658_824018994341156139_n.jpg

Komunitas Forum komik Jogja dulu dan Sekarang

Setelah didirikan di tahun 2012, Forum Komik Jogja tidak mengalami perkembangan yang tidak berarti, bahkan tidak berjalan sama sekali selama satu tahun. Pada tahun 2013 forum komik Jogja mengalami perkembangan. Pada suatu event yang di adakan di Jakarta, forum komik Jogja diundang, pada event tersebut, Forum Komik Jogja mendapat respon positif dari masyarakat dan mulai terkenal. Setelah event yang diadakan di Jakarta tersebut, banyak orang – orang Jogja yang kemudian mengenal komunitas forum komik Jogja dan akhirnya ingin bergabung dengan komunitas ini.

Sekarang forum komik Jogja lebih jauh berkembang dan lebih dikenal oleh banyak orang. Anggota di komunitas ini pun semakin banyak dan tidak hanya berasal dari kota Jogja saja. Forum komik Jogja sekarang juga lebih aktif dalam mengikuti event–event komik di luar dan di dalam kota. Forum komik Jogja juga selalu menemukan wajah-wajah atau orang-orang baru setiap waktunya seiring dengan berkembangnya komunitas ini, hal ini menunjukan bahwa forum komik Jogja masih berkembang dengan baik hingga sekarang.

Perkembangan yang dialami oleh forum komik Jogja sebenarnya lebih dari yang diharapkan oleh pendiri mereka yaitu mas Bagus. Forum komik Jogja yang pada awalnya hanyalah forum atau wadah untuk para komikus di Jogja berkumpul dan berbagi satu sama lain, kemudian menjadi seperti sekarang, Forum komik Jogja menjadi komunitas yang berkembang dengan baik dan menjadi tempat berkumpulnya untuk para komikus dan penggemar komik yang berada di Jogja.

Kepengurusan Forum Komik Jogja

Pada awal terbentuknya, Forum Komik Jogja sendiri hanyalah berupa grup di media sosial yaitu facebook, di dalam grup facebook tersebut, forum komik jogja dikelola oleh pengurus-pengurus yang pada umumnya disebut dengan sebutan admin (administrator). Setelah forum komik Jogja menjadi sebuah komunitas, admin-admin di facebook ini juga merupakan pengurus di forum komik Jogja, dimana mereka yang kamudian mengatur acara-acara atau event-event yang akan diikuti oleh komunitas ini. Uniknya, forum komik Jogja tidak memiliki ketua, itu dikarenakan mereka menginginkan semua anggota itu sama, dan tidak ingin adanya seseorang yang ditinggikan di dalam Komunitas tersebut. Di tengah perkembangan forum komik Jogja, mereka tidak menambahkan divisi-divisi khusus, karena menurut mereka hal tersebut tidak diperlukan, pada umumnya mereka hanya berkumpul bersama seperti komunitas-komunitas pada umumnya, mereka hanya menambahkan 3 orang admin atau pengurus untuk membantu pekerjaan sang founder, mas Bagus. Ketiga admin ini sendiri hanya bertugas untuk mencari acara-acara apa saja yg dapat dihadiri oleh komunitas forum komik Jogja, dan mengawasi grup media social di facebook saja.

D:\Words\1. Works\Kuliah\Semester 2\PKN\FKJ\1537623_793966280629133_614457013_o.jpg

Pencapaian yang diraih dan Rencana ke depan untuk Forum Komik Jogja

Pada awalnya, komunitas forum komik Jogja terinspirasi dari sebuah komunitas komikus yang berada di Bandung. Berawal dari wacana hingga menjadi komunitas yang memiliki prestasi menjadikan forum komik Jogja terkenal dan sukses. Bahkan komunitas yang dulunya menjadi inspirasi terbentuknya komunitas forum komik Jogja sekarang mengatakan bahwa mereka merasa bahwa komunitas forum komik Jogja adalah inspirasi baru untuk mereka agar menjadi komunitas yang lebih baik.

Komunitas forum komik Jogja pernah berprestasi dalam beberapa event, mereka pernah memenangkan penghargaan di festival Komik Fotokopi dan mendapatkan kategori Koper Terbaik, kemudian di Pakoban (Pasar Komik Bandung) mereka memenangkan penghargaan dalam kategori best merchandise, tetapi sejauh ini, forum komik Jogja belum pernah mendapatkan penghargaan dari instansi pemerintah, mungkin ini dikarenakan industri kreatif di Indonesia khususnya didalam bidang komik masih kurang diperhatikan oleh pemerintah Indonesia sendiri.

Dalam rencana-rencana ke depannya, forum komik Jogja memiliki wacana untuk membuat kerjasama antara komunitas-komunitas komikus yang ada di Semarang dan Solo, hal itu dikarenakan mas Bagus melihat adanya kerjasama antara komunitas-komunitas di Jakarta-Bandung bisa berjalan baik dan dapat menjadi peluang yang baik untuk memajukan perkomikan tidak hanya di Jogja tetapi mulai mencakup beberapa kota lainnya, maka dia membuat rencana untuk membuat program yang dia namai ‘Poros Joglo Semar’. Mas Bagus mengharapkan program ‘Poros Joglo Semar’ bisa mempererat hubungan antara komunitas-komunitas komikus yang ada di Jogja, Solo, dan Semarang. Program ‘Poros Joglo Semar’ ini sendiri masih bersifat wacana dan masih diusahakan untuk terwujud, tetapi mas Bagus yakin program ini akan terwujud dalam waktu yang cepat karena melihat antusias para komikus-komikus di Indonesia sekarang yang sudah mulai meningkat.

D:\Words\1. Works\Kuliah\Semester 2\PKN\FKJ\11081325_976703059007129_6007638203461760663_n.jpg

Tantangan yang dihadapi Forum Komik Jogja

Sebuah Kelompok atau Komunitas pastinya memiliki atau akan mendapatkan hambatan-hambatan atau tantangan-tantangan tersendiri, baik itu dari luar maupun dalam komunitas itu. Hambatan-hambatan ini juga dimiliki oleh forum komik Jogja. Hambatan yang berasal dari dalam Komunitas forum komik Jogja sendiri mereka mendapatkan beberapa tantangan diantaranya banyak anggota di forum komik Jogja yang masih bergantung pada founder atau pendiri mereka yaitu mas Bagus. Mas Bagus khawatir jika suatu saat, ada waktu dimana dia harus keluar atau tidak aktif lagi di forum komik Jogja karena alasan tertentu, tidak akan ada orang yang bisa memimpin atau menggantikannya dalam mengarahkan komunitas ini, dalam artian bahwa mereka hanya terpaku pada satu orang yang menonjol di forum komik Jogja. Mas Bagus berharap, bahwa ada anggota yang mau menggantikannya tampil di depan agar ada regenerasi kepengurusan di dalam forum komik Jogja dan agar forum komik Jogja masih tetap dapat berkembang di masa mendatang. Permasalahan dari luar Forum Komik Jogja, yang pertama adalah masalah perindustrian, dimana perindustrian komik di Jogja masih tertinggal oleh perindustrian komik di Jakarta, Hal itu membuat perkomikan di Jogja sulit diekspos ke publik. Yang kedua adalah hal yang menghambat atau tantangan yang didapat oleh forum komik Jogja yang berasal dari masyarakat, komunitas ini pernah mendapatkan rumor bahwa sang founder, rumornya adalah ‘mas Bagus tidak pantas untuk memimpin Forum Komik Jogja’, dan juga rumor tentang anggapan bahwa ‘Forum komik Jogja tidak pantas mewakili komikuskomikus di Jogja’, tetapi semua rumor itu dapat mereka bantahkan dengan menunjukkan bahwa tidak adanya pemimpin di forum komik Jogja. Untuk masalah forum komik Jogja yang tidak pantas mewakili Kota Jogjakarta, sebenarnya forum komik Jogja hanyalah sebuah komunitas yang pada awalnya berbentuk forum, jadi mereka sebenarnya belum mewakili nama Jogja karena tujuan awal dari adanya komunitas ini adalah untuk mempersatukan komikus-komikus yang berada di Jogja dan menjadi tempat naungan untuk komikus-komikus ataupun penggemar komik yang berada di Jogjakarta.

Sumbangsih Komunitas terhadap Jogja saat ini

Saat ini, kondisi masyarakat Jogja mulai menampakkan kurangnya toleransi akan adanya keberagaman, mas Bagus mengatakan bahwa komunitas ini belum bisa memberikan sumbangsih yang terlihat dan jelas, namun secara tidak langsung komunitas forum komik Jogja membantu menghilangkan cara pikir masyarakat untuk lebih toleran dalam menerima keberagaman lewat komik-komik yang dihasilkan oleh komikus-komikus yang ada di Jogja, contohnya komik-komik strip yang dibuat oleh Kurnia Harta Winata, dimana komik-komik strip nya banyak memberikan nasehat-nasehat secara tersirat baik itu tentang toleransi, politik, dan ajaran mengenai baik buruk nya suatu perbuatan, komik-komik miliknya ini dapat dilihat melalui aku facebook nya yang bernama Kurnia Harta Winata. Contoh lainnya adalah dengan mempererat hubungan pertemanan dan persahabatan antara komikus-komikus lewat gathering komunitas dan grup-grup di media social seperti facebook dan twitter, karena internet merupakan tempat yang paling baik untuk seseorang menemukan informasi.

D:\Words\1. Works\Kuliah\Semester 2\PKN\FKJ\10577044_927027410659700_6511550813660024532_n.jpg

Kegiatan-kegiatan Komunitas

Ketika kami menemui founder atau pendiri dari komunitas forum komik jogja yaitu mas Bagus, beliau menyambut kami dengan ramah. Dia berbincang-bincang dengan kami tentang Komunitasnya,aktifitas yang ada dalam komunitas Forum Komik Jogja. Sembari bersantai dan menyantap makanan yang dipesan, kami bercerita dan berbagi tentang komunitas yang didirikan oleh mas bagus tersebut.

Forum komik Jogja terbentuk atas dasar pemersatu komikus-komikus serta peminat-peminat komik Indonesia. Komunitas ini memiliki kegiatan yang setiap komunitas lain miliki, seperti kumpul-kumpul bersama antar anggota, makan bersama dan diskusi tentang komik bersama, tidak hanya diskusi, tetapi forum komik Jogja juga membantu anggota-anggotanya untuk mempublikasikan atau mencetak karyanya ke publik. Komunitas forum komik Jogja sering tampil dalam event-event komik yang diadakan di Jogjakarta, atau bahkan kota-kota luar seperti Jakarta dan Bandung. Komunitas ini sebenarnya tidak mengikat anggotanya, tetapi solidaritas antara anggota lah yang membuat komunitas ini tetap berjalan dengan baik.

Lokasi Berkumpulnya Forum Komik Jogja

Komunitas forum komik Jogja hingga saat ini masih belum memiliki tempat khusus untuk dijadikan sebagai basecamp, tetapi menurut mas Bagus basecamp seperti itu belum diperlukan, karena anggota komunitas ini pun lebih sering bertemu di kantor ngomik.com, sebuah kantor kepengurusan sebuah web penampung karya-karya komik anak-anak bangsa. Kantor ngomik.com terletak di jalan Kalimantan. Selain di kantor ngomik.com, forum komik Jogja juga sering berkumpul di acara-acara komik yang diadakan di Jogja.

C:\Users\User\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\received_10202933296808421.jpeg

D:\Images\photos\Wawancara FKJ\IMG_8195.JPG

About Cuki_Pingvin