Asosiasi Profesi Orang Sejarah

Dewasa ini banyak bermunculan organisasi atau asosiasi yang memiliki perhatian terhadap orang sejarah atau pencinta sejarah. Diantaranya:

 

  1. Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI). MSI adalah satu-satunya asosiasi orang sejarah pada masa Orde Baru. Didirikan pada 29 Agustus 1970 di Yogyakarta dan secara organisatoris berpusat di Jakarta. Anggotanya terdiri dari sejarawan, guru sejarah dan orang yang terbukti menyumbang sesuatu yang bernilai bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan sejarah.
  2. Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia (ASPENSI) adalah organisasi bagi lulusan sarjana pendidikan sejarah. Didirikan pada 20 Mei 2006 berpusat di Bandung. Tokoh utama penggeraknya adalah Andi Suwirta.
  3. Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI). Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) adalah organisasi guru sejarah yang didirikan di Jakarta pada tahun 2007 atas prakarsa dan didanai oleh Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikdan Tenaga Kependidikan (PMPTK). Pemikiran yang mendasari berdirinya AGSI adalah keinginan pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional ketika itu, yang mengharapkan adanya wadah komunikasi bagi para guru mata pelajaran di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan profesionalismenya.
  4. Perhimpunan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI). Perhimpunan Prodi Sejarah se-Indonesia adalah asosiasi bagi program studi Sejarah, Pendidikan Sejarah dan Sejarah Kebudayaan Islam seluruh Indonesia. Anggota dari asosiasi ini adalah program studi dan bukan per orangan. Tujuannya adalah menjalin komunikasi antar program studi tentang berbagai kegiatan akademik yang dilakukan serta menyiapkan diri sebagai organisasi profesi ketika pemerintah membangun Lembaga Akreditasi Mandiri. PPSI berdiri pada 20 November 2014 di Surabaya.

About Sastro Sukamiskin